Pasca Libur Lebaran, Walikota Pastikan Pelayanan Publik Mulai Efektif

Usai libur lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah, Walikota Pekalongan,HM Saelany Machfudz,SE melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dengan kepatuhan kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun pegawai non ASN, Rabu (27/5/2020). Adapun OPD yang dikunjungi yakni Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P2KB), Puskesmas Bendan, dan Dinas Kesehatan Kota Pekalongan.

Dalam kunjungan sidak sekaligus silaturahmi dalam momentum lebaran tersebut, Saelany mengungkapkan bahwa pada mulai hari pertama kerja usai libur lebaran, semua pegawai baik ASN dan non ASN memiliki semangat dan kinerja yang sangat baik. Sidak sekaligus silaturahmi ini sengaja dilakukan guna memastikan semua pelayanan publik khususnya kinerja OPD yang langsung bersentuhan dengan masyarakat sudah mulai efektif kembali dalam memberikan pelayanan yang maksimal.

“Saya dalam kesempatan ini silaturahmi ke beberapa OPD karena mereka (pegawai ASN dan non ASN), Saya meyakini betul bahwa mereka memiliki semangat dan kerja yang baik, disini Alhamdulillah berangkat semua hanya satu yang tidak berangkat karena sakit,” tutur Saelany.

Menurut Saelany, hal ini terlihat dari kehadiran mereka yang hampir 100% dan OPD yang bersentuhan dengan pelayanan publik tersebut dalam memberikan pelayanan tetap patuh sesuai dengan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran pandemi COVID-19. Seperti tetap menggunakan masker, menjaga jarak aman dan selalu cuci tangan menggunakan sabun.

“Bahkan di Puskesman Bendan malah Saya sangat gembira dengan semua patuh memakai masker dan selalu cuci tangan, semua tenaga kesehatan disana Alhamdulillah sehat-sehat semua, jika ini dilakukan oleh semua warga Kota Pekalongan InshaAllah akan sehat semua dengan selalu mematuhi protokol kesehatan dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini tanpa menutup roda perekonomian.Yang tidak mematuhi protokol kesehatan kami akan beri sanksi tegas dengan menutup usahanya,” tegas Saelany.


(Tim Liputan)