PENDAFTARAN DUTA GENRE PEKALONGAN, DIBUKA!

Pendaftaran Duta Genre Kota Pekalongan Dibuka

Kota Pekalongan - Pemerintah Pekalongan melalui Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinsos P2KB) setempat akan menggelar Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) 2021, dan membuka pendaftaran mulai 22 Februari sampai 25 Maret 2021 secara online.

Ketua Pelaksana kegiatan, Ahmad Yani saat dikonfirmasi melalui telepon, Rabu (24/2/2021) mengatakan, pendaftaran dapat dilakukan secara online di http//bit.ly/daftardutagenre.

Ahmad menjelaskan, peserta untuk Duta GenRe ini berusia 17 sampai 22 tahun, atau jika masih kuliah maksimal semester 4. 

"Technical meeting akan dilaksanakan tanggal 27 Maret 2021 sekaligus pengumpulan berkas. Tanggal 6 April akan dilaksanakan seleksi bakat minat, tes tertulis, penyuluhan, dan wawancara. Kemudian pada 12 Juni 2021 akan dilaksanakan grand final," terang Ahmad.

Dikatakan, Kota Pekalongan setiap tahun melakukan pemilihan Duta GenRe ini, dimana juara tingkat kota akan mewakili ke tingkat provinsi. "Pemilihan Duta GenRe ada sejak tahun 2011 dulu namanya duta mahasiswa dan tahun 2016 menjadi duta generasi berencana," ujar Ahmad.

Menurut Ahmad antusias para remaja untuk mengikuti duta genre cukup baik, pasalnya usai dibuka pendaftaran kemaren sudah ada 10 pendaftar. Untuk tahun lalu jumlah peserta ada 30 pasang. Jumlah tahun ini tidak ditarget mengingat kondisi juga saat pandemi.

"Duta GenRe ini sangat strategis di kalangan remaja, terutama dalam meningkatkan kualitas Penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Duta GenRe nantinya juga akan membantu untuk mensosialisasikan pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi," pungkas Ahmad.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)