Januari 2020, BPBD Kota Pekalongan Sudah Mengevakuasi 20 Sarang Tawon

BPBD Kota Pekalongan beberapa kali mengevakuasi sarang tawon. untuk bulan Januari 2020, BPBD Kota Pekalongan sudah mengevakuasi 20 sarang tawon.

evakuasi sarang tawon dilakukan dengan berbagai cara dan kebanyakan dilakukan di malam hari agar lebih efisien dan lebih mudah dalam pembasmian. Untuk jenis tawon yang membahayakan seperti tawon endas atau tawon vespa, satgas PB BPBD Kota Pekalongan  menggunakan pakaian khusus dan tangga untuk menggapai sarang.

Menurut Eko Edi Gunedi satgas PB BPBD Kota Pekalongan, malam ini dirinya bersama tim melakukan evakuasi tiga titik sarang tawon dimana dua titik di lingkungan puskesmas sokorejo dan yang satu ada di atap sebuah musholla al takim. untuk bulan januari 2020 ini BPBD Kota Pekalongan sudah melakukan evakuasi 20 sarang tawon, berdasarkan laporan masyarakat terkait adanya sarang tawon BPBD Kota Pekalongan sebelum melakukan evakuasi terlebih dahulu melakukan survei lapangan, selain itu bagi masyarakat yang melaporkan adanya sarang tawon untuk di evakuasi untuk dapat meyediakan karung, lakban dan BBM yang nanti digunakan untuk menyemprot sarang tawon tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekalongan, Saminta selalu menekankan kepada timnya untuk selalu berhati-hati dalam melakukan segala bentuk pertolongan di masyarakat, dirinya juga meminta masyarakat untuk dapat melaporkan jika melihat sarang tawon agar dapat di survei dan di tindak lanjuti.
 
(Reporter: Romi Suharto)