EVALUASI UJI COBA PTM, GURU DAN PESERTA DIDIK AKAN DI RAPID TEST ANTIGEN ACAK

Usai pelaksanaan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kota Pekalongan berakhir (16/4/2021), Dinas Kesehatan Kota Pekalongan berencana melakukan rapid test antigen di lima sekolah yang menjadi sekolah percontohan uji coba PTM.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto, menyampaikan pelaksanaan rapid test dengan metode sampling atau acak ini akan menyasar guru maupun peserta didik. Pelaksanaan antigen secara acak dimaksudkan untuk memastikan pelaksanaan uji coba PTM sesuai protokol kesehatan, berjalan dengan baik. Sekaligus menjadi bahan evaluasi PTM selanjutnya, dalam pelaksanaan rapid test antigen tersebut akan ada sebanyak 25 perwakilan dari masing-masing sekolah penyelenggara uji coba PTM yang telah ditunjuk secara acak yakni terdiri dari 15 orang siswa dan 10 orang guru. Pihaknya menegaskan, di tengah wabah Covid-19 yang belum mereda ini, saat ini yang diperlukan adalah perilaku masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan secara ketat untuk menghindari dan mencegah penularan Covid-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Soeroso menyampaikan adanya sampling rapid test antigen bagi guru maupun peserta didik. Hingga saat ini, upaya pencegahan Covid-19 melalui program vaksinasi di lingkup pendidikan telah menyasar para guru TK dan PAUD, sementara untuk vaksinasi guru di tingkat SMP dan SMA sederajat hanya dilakukan di tingkat SMP yang masuk uji coba dan simulasi PTM. (BatikTV)