Lebih Produktif, Manfaatkan Pekarangan Rumah Jadi KPRL

Sudah bertahun-tahun, guna mengisi masa pensiunnya,   Salamin seorang warga di RT 03 RW 07 Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat membantu pelaksanaan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang digiatkan oleh ibu ibu setempat yang tergabung pada Kelompok Wanita Sejahtera dalam sebuah kebun bibit. 

KRPL tersebut merupakan sebuah program pemerintah untuk masyarakat untuk pemanfaatan pekarangan rumah, dalam hal ini Salamin menanam berbagai macam sayuran dan buah-buahan yang cocok dan tumbuh subur ditanah pekarangannya, seperti semangka, cabai, jagung, tomat, brokoli dan tanaman lainnya. 

Salimin mengaku, selama ini  dirinya mengelola tanah pekarangannya dengan menerapkan dengan panca usaha tani dan hasilnya digunakan untuk konsumsi sendiri sehingga dapat membantu menambah perkembangan gizi serta dapat membantu dalam hal perekonomian.

Pihaknya juga mengajak kepada masyarakat lain khususnya di Kelurahan Tirto untuk bersama sama memanfaatkan tanah pekarangan rumah yang ada agar ditanami sesuatu yang dapat menghasilkan dan bermanfaat. 

(Reporter: Irva Febriani)