Momen Idul Adha, Harga Cabai di Pekalongan Merangkak Naik

Hari raya Idul Adha menjadi momen yang ditunggu bagi masyarakat yang merayakannya. Berbagai tradisi dilakukan dalam perayaan hari raya Idul Adha seperti memasak daging hasil kurban. Aktivitas memasak tentu memerlukan bahan-bahan pelengkap seperti cabai, bawang, dan lain-lain.

Dalam momen Idul Adha menjelang atau sesudahnya  beberapa harga bahan-bahan mengalami kenaikan.
 
Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DINDAGKOP-UKM) Kota Pekalongan melakukan pantauan pada Jumat 9 agustus 2019 di beberapa pasar seperti Pasar Banjarsari, Grorolan dan Banyurip mengalami kenaikan harga cabai yang cukup tinggi dibandingkan pada pantauan yang dilakukan tanggal 31 juli 2019.

Kepala Bidang Perdagangan Sri Haryati S.Sos., M.M. menyampaikan pasokan cabai yang didapat berasal dari Jawa Timur. Kenaikan harga cabai yang terjadi menyebabkan masyarakat mengurangi pembeliannya, contoh dari biasanya membeli satu kilogram menjadi setengah kilogram.

Sri Haryati menambahkan untuk harga daging mengalami penurun dari harga seratus sepuluh ribu perkilo menjadi seratus enam ribu perkilo-nya.
Selanjutnya  menuturkan bahwa kenaikan harga cabai selain bertepatan dengan momen iduladha tetapi juga dikarenakan faktor alam yang terjadi.

(reporter: Trias Widya)