Tingkatkan Literasi Digital Warga Jenggot, Mahasiswa KKN-T IPB Inovasi UMKM Go Digital

Dalam upaya menambah pengetahuan terkait ilmu bisnis dan memperluas akses masyarakat terhadap teknologi digital, mahasiswa KKN-T INOVASI dari Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar pelatihan kewirausahaan serta sosialisasi terkait penggunaan platform belanja online Shopee Seller Center” kepada warga Kelurahan Jenggot. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan masyarakat terkait teori-teori bisnis serta memperkenalkan fitur-fitur menarik pada Shopee Seller Center tak lupa pula, para mahasiswa KKNT-I yang beranggotakan Ainiyya Hana Pathi Seruni , Firel Azzahra, Irodah Al Malik, Rahmi Kemala, Siti Mardiah, Tandry Jordanio, Tiara Devina, dan Vita Linatalia juga mengenalkan fitur Live Streaming yang berguna untuk para peserta pelatihan dalam menjual produknya.

Sosialisasi yang diadakan di Kelurahan Jenggot dihadiri oleh para pemuda pemudi Kelurahan Jenggot. Para mahasiswa dengan sabar menjelaskan cara mendaftar, mencari produk, melakukan pembayaran, hingga melacak pesanan kepada para peserta pelatihan tersebut. Selain itu, mereka juga memberikan tips-tips berwirausaha yang aman dan menguntungkan.

Antusiasme warga sangat terlihat selama acara berlangsung. Banyak pertanyaan yang diajukan terkait cara penggunaan aplikasi, keamanan transaksi, dan promo-promo yang ditawarkan. Para mahasiswa pun dengan senang hati menjawab semua pertanyaan yang diajukan.

"Kami berharap melalui sosialisasi ini, warga Jenggot dapat merasakan manfaat dari teknologi digital, khususnya dalam bidang berjualan online, Karena tidak sedikit masyarakat yang memiliki sumberdaya yang memadai namun tidak memiliki keterampilan dalam mengelola teknologi digital, khususnya e-commerce," ujar Irodah selaku koordinator KKN Kelurahan Jenggot.

(dokumentasi IPB)