TNI Polri Bersama Komponen Bangsa Tanam 50.000 Pohon Mangrove di Pekalongan

Berbagai kegiatan digelar dalam rangka HUT Ke-74 TNI dan HUT Ke-69 Kodam IV/Diponegoro. ” Kegiatan  kita awali dengan karya bakti penanaman bibit mangrove, selanjutnya bedah rumah, bakti sosial, khitanan massal yang akan dilaksanakan secara serentak di satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro.

Hal itu disampaikan Pangdam IV/Diponegoro Mayor jendral TNI Mochamad Effendi saat melakukan penanaman bibit mangrove secara simbolis di Krematorium Pantaisari, Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan bersama komponen bangsa lainya, Rabu(18/9/2019).

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 50.000 bibit mangrove ditanam di sepanjang pantaisari kecamatan Pekalongan Utara, yang bertujuan untuk mencegah terjadinya abrasi pantai dan sebagai penghijauan wilayah pesisir pantai utara Kota Pekalongan.

Dijelaskan Pangdam IV/Diponegoro, bahwa sebagai wujud profesional prajurit TNI adalah salah satunya mendapat dukungan dari masyarakat dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan.

Dalam penanaman mangrove tersebut Pangdam IV/Diponegoro didampingi oleh Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen, Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, Wakapolda Jateng Brigjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, Habib Luthfi Ali Bin Yahya beserta pejabat Forkompinda kota Pekalongan.

Dalam kesempatan yang sama wakilgubernur jawa tengah taj yasin maimoen mengapresiasi atas apa yang di lakukan oleh anggota TNI khsuusnya kodam IV diponegoro dalam bersama mengkampanyekan gerakan peduli lingkungan 

Dipilihnya lokasi di pantaisari Panjangbaru tersebut dikarenakan kondisi pesisir pantai utara (Pantura) Kota Pekalongan Jawa Tengah saat ini kondisinya kian memprihatinkan. Dengan sebagian besar garis pantai yang nyaris hilang karena mengalami abrasi.

Di harapkan melalui kegiatan menanam pohon mangrove tersebut selain mencegah abrasi pantai juga sebagai ajang meningkatkan sinergitas TNI, Polri dan masyarakat,

(Reporter: Seiv Robbani)