Pandemi COvid-19 dan Adanya Rob, Renovasi Makam Beji Terhenti

Seperti yang diketahui kondisi pemakaman beji memang memprihatinkan dan sudah tidak layak mengingat struktur tanahnya yang tergenang air ketika dilakukan penggalian serta terdapat makam yang sudah terendam air sehingga terlihat seperti rawa-rawa. Hal tersebut membuat relawan dari Panitia Pelopor Pembangunan Pemakaman Beji (P4B) melakukan pembangunan makam beji tahap awal pada 8 Oktober 2019 lalu, namun saat ini sudah sekitar 6 bulan lamanya pembangunan dari makam beji terhenti.

Terhentinya pembangunan makam beji tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti tidak adanya anggaran, apalagi saat ini juga sedang dalam kondisi pandemi covid-19 serta terjadinya musibah banjir rob di kawasan tersebut beberapa waktu lalu.

Jismar selaku sekretaris dari P4B menjelaskan bahwa nantinya akan ada perubahan dalam sistem kepanitiaan sehubungan dengan penggalangan dana, baik itu dari donatur, pemerintah dan dari sumber dana lainnya dengan harapan setelah terbentuknya kepanitiaan baru, pembangunan makam beji bisa segera dilanjutkan guna mewujudkan harapan masyarakat agar makam beji tidak lagi tergenang air sehingga layak untuk digunakan.

(Trias Widya/Batik TV)