Dampak Isu Korona, Stok Darah PMI Menurun Drastis

Setelah dikeluarkan larangan berkumpul dalam keramaian sebagai antisipasi pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19, membuat stok darah di Unit Donor Darah PMI Kota Pekalongan menurun drastis.

Hal ini dikarenakan, pihak pmi tidak bisa melakukan mobile unit atau pengambilan donor darah lapangan seperti biasa karena khawatir akan bahaya dari virus corona yang tidak dapat terlihat secara kasat mata tersebut.

Hingga saat ini persediaan stok kantong darah semakin menipis dan hanya bisa bertahan hingga 2 hari kedepan. Menurut Aji, selaku Pencari Pelestari Donor Darah Suka Rela (P2D2S) PMI Unit Donor Darah Kota Pekalongan menjelaskan, sejauh ini belum bisa melakukan kegiatan donor darah diluar hingga batas waktu yang ditetapkan oleh pemerintah di cabut. Sementara waktu ini pemerintah masih melarang seluruh warga untuk tidak melakukan aktivitas berlebih selama 2 pekan.

Pihak PMI sendiri sementara ini hanya menunggu pendonor yang mau melakukan donor darah di kantor Unit Donor Darah PMI Kota Pekalongan.

(Reporter: Anggiat Lazuardi)