Darurat Sampah, Batik Tv Gelar Sosialisasi Peduli Sampah

Permasalahan sampah merupakan masalah serius yang dihadapi Kota Pekalongan saat ini. Oleh karenanya, Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Pekalongan melalui Batik Tv menggelar kegiatan sosialisasi melalui program Expose dengan tema "Menggiatkan Masyarakat Untuk Peduli Sampah", yang di selenggarakan di Studio 1 Batik Tv, Kota Pekalongan (18/09/19).
 
Acara yang dihadiri oleh Dinas  Lingkungan Hidup, BPBD Kota Pekalongan, beberapa komunitas peduli lingkungan, serta elemen masyarakat ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang kondisi sampah yang ada di Kota Pekalongan dan  bagaimana cara kita mengelola sampah tersebut.
 
Berdasarkan data TPA Kota Pekalongan pada bulan Agustus 2019, bahwa  jumlah sampah yg ada di TPA Kota Pekalongan setiap harinya sebanyak kurang lebih 88% dari total sampang yang ada di Pekalongan. Sedangkan sisanya, 12% atau sekitar 17,5 ton sampah tidak tertangani TPA.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Purwanti, selaku narasumber menyampaikan bahwa saat ini pemerintah sudah menyiapkan program untuk menangani sampah baik yang berasal dari perairan maupun darat. Salah satunya dengan penerjunan armada perahu untuk patroli sungai di setiap kelurahan. Namun program pemerintah ini, tidak dapat terwujud tanpa adanya kerjasama dengan masyarakat Pekalongan untuk menjaga lingkungan.
 
(Reporter: Kintana Aghnia)