Semarak HUT Kemerdekaan, RS H.A Zaky Djunaid Gelar Pemeriksaan Gratis


Dalam menyambut hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023, rumah sakit H.A Zaky Djunaid pekalongan ikut memeriahkan peringatan tersebut melalui kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga pekalongan dan sekitarnya. berlangsung pada sabtu, 12 Agustus 2023, di klinik obsgyn.
 
Dalam kegiatan tersebut, RS H.A Zaky Djunaid memberikan layanan konsultasi dan pemeriksaan atau medical checkup bagi para wanita, khususnya terkait masalah  keputihan dan gangguan haid.
 
Dokter spesialis obsgyn rumah sakit H.A Zaky Djunaid, dr. Dewi Susilowati, Sp.OG menyampaikan bahwa selain ikut menyemarakan HUT RI ke-78, kegiatan juga bertujuan untuk menscreening dan membantu para kaum ibu dan remaja putri yang mengalami masalah kesehatan organ reproduksi Wanita. Mengingat, masih minim informasi dimasyarakat terkait penanganan permasalahan tersebut.
 
Dikatakan dokter Dewi, keputihan maupun gangguan haid yang tidak ditangani dengan tepat, maka akan menimbulkan masalah yang lebih serius, seperti peradangan pada leher rahim , hingga beresiko terkena kanker serviks.
 
Usai pemeriksaan, jika ditemukan masalah pada kesehatan wanita maupun beresiko terjadi masalah pra kanker, maka akan ditindak lanjuti dengan screening dan tindakan medis lanjutan, agar kondisinya membaik.
 
Setidaknya ada 50 peserta yang mengikuti kegiatan. para peserta menyambut antusias kegiatan yang digelar. tak hanya dari kota pekalongan saja, namun juga warga sekitar pekalongan ikut memanfaatkan layanan tersebut.
 
Dokter Dewi berharap, di momen HUT RI ke-78 ini, para kaum wanita dapat lebih peduli akan kesehatan reproduksinya melalui screening dan penanganan yang tepat. Sehingga dapat menjadi wanita yang kuat, tangguh dan sehat.
 
Sembari menunggu layanan konsultasi dan pemeriksaan gratis, para peserta juga diberikan edukasi terkait masalah kesehatan reproduksi wanita oleh dokter mayar rafida.
 
(Kintana Aghna Batik tv)