PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA 2020 DIGELAR VIRTUAL

Dalam rangka memperingati hari kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2020, Pemerintah kota Pekalongan mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung secara virtual, dan disiarkan langsung dari monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Peringatan hari kesaktian pancasila tahun ini tentunya berbeda dari tahun sebelumnya, mengingat saat ini masih dalam suasana pandemi covid-19. Dimana tema yang diusung dalam peringatan hari kesaktian pancasila tahun ini yakni ‘Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila’.
 
Meskipun digelar secara virtual, yang di selenggarakan di ruang kresna setda kota pekalongan, pada Kamis (1/10), Walikota Pekalongan, HM Saelany Mahfudz dan jajaran mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin langsung oleh presiden RI, Joko Widodo, dengan khidmat dan sesuai dengan protokol kesehatan.
 
Usai mengikuti upacara hari kesaktian pancasila, Walikota Pekalongan, Hm Saelany Mahfudz menyampaikan, memaknai hari kesaktian pancasila ini tidak terlepas dari peristiwa heroik yakni G30S/PKI, dimana ada 7 jendral yang gugur pada tahun 1965. Saelany menambahkan, untuk mengenang jasa pahlawan revolusi sekaligus wujud kesetiaan terhadap pancasila, dirinya mengajak kepada masyarakat untuk dapat mengibarkan bendera 1 tiang penuh, pada tanggal 1 Oktober, yang jatuh pada hari ini.
 
(Kintana Aghna/Batik TV)