Menilik Metode Cepat Menghafal Al Quran Di Ponpes Modern Al Quran Buaran

Setiap pesantren pasti mendidik santrinya untuk memperdalam kitab suci Al Quran. Seperti Pondok Pesantren atau Ponpes Modern Al Quran Buaran, di Kelurahan Buaran Kradenan, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan. Ponpes ini mencetak lulusan-lulusan tahfidz atau penghafal Al Quran.

Untuk bisa menjadi tahfidz, pesantren ini memiliki metode tersendiri agar santri bisa menghafal al quran dalam waktu maksimal 3 tahun saja. Pengurus ponpes modern alquran buaran, Ustadz Syafaat Abdul Ghofur mengatakan, sebelum mulai menghafal, santri harus lebih dulu bisa membaca al quran dengan lancar dan benar baik mahroj dan tajwidnya.

Setelah itu, baru santri akan mulai berproses menghafal yakni dengan cara setoran hafalan kepada ustadz satu hari satu lembar al quran, sehingga diharapkan dalam satu bulan santri bisa menghafal 1 juz Al Quran.

Setelah 3 tahun berhasil menghafal al quran dan diwisuda, santri nantinya akan menjalani masa khidmah atau pengabdian di pondok selama satu tahun.
Tidak hanya memiliki metode cepat menghafal Al Quran, Ponpes Modern Al Quran Buaran juga memiliki kelebihan dimana guru-guru di ponpes ini merupakan lulusan pondok terkenal dari Kudus dan Banten. (Kharisma/Batik TV).