Mahasiswa KKN-T IPB GaliPotensi Produk Lokal Jenggot Melalui Foto Katalog

Di tengah dinamika bisnis lokal, UMKM Jenggot menghadapi tantangan untuk menonjol di pasar yang semakin kompetitif. Salah satu solusi yang efektif adalah penggunaan foto katalog yang berkualitas. Foto katalog bukan hanya sekadar gambar produk, mereka adalah jendela menuju dunia yang lebih besar untuk pelanggan potensial. Dengan gambar yang jelas dan profesional, UMKM Jenggot bisa memperlihatkan produk mereka secara detail dan lebih menarik, memberikan pengalaman visual yang mendalam kepada konsumen.

Dalam upaya memperbaiki kualitas foto katalog, Sekelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) Institut Pertanian Bogor (IPB) turut membantu UMKM di jenggot dengan melakukan pemotretan sekaligus editing pada beberapa UMKM yang masih memiliki foto katalog yang kurang menarik. Dalam pelaksanaannya kami juga meminta bantuan kepada anak-anak yang ada di Jenggot yang alhamdulillah sangat antusias membantu dikarenakan ada beberapa produk yang memerlukan anak-anak seperti baju koko anak.  Hasil pemotretan kemudian disusun menjadi sebuah katalog yang menarik melalui editing sehingga menarik dan informatif.

 

Hal ini dilakukan dengan tujuan mempermudah proses promosi, baik melalui media sosial, situs web, maupun materi pemasaran lainnya. Dengan visual yang menarik dan informatif, UMKM Jenggot dapat menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan visibilitas, dan pada akhirnya, mendorong penjualan yang lebih tinggi.


(dokumentasi IPB)