​14 Tahun Kampung Batik Kauman, Perhatankan Eksistensi Batik Dengan Ciri Khasnya

Rabu, 1 September 2021 tepat 14 tahun Kampung Batik Kauman yang terletak di kelurahan Kauman Kecamatan Pekalongan Timur ditetapkan sebagai kampung batik pada tahun 2007 lalu yang langsung diresmikan oleh wakil presiden Republik Indonesia yang menjabat saat itu. Hal tersebut setelah mendapat respon baik dari Pemerintah Kota Pekalongan terhadap potensi sumber daya manusia di Kelurahan Kauman, yang juga bertepatan dengan diraihnya reward Batik Indonesia sebagai warisan budaya tak benda.

Diusia ke 14 tahun ini kampung batik Kauman tetap mempertahankan eksistensi batik dengan ciri khas kampung batik Kauman yaitu kemampuan sumber daya manusianya yang bisa melayani pesanan konsumen dari berbagai ciri khas mereka yang digarap dengan rapi, halus, cepat sesuai dengan permintaan yang membuat kemampuan tersebut menjadi ciri khas Kampung Batik Kauman hingga sekarang.

Hal itu dijelaskan Ketua Perkumpulan Kampung Batik Kauman, Muhammad Husni Mubarok saat ditemui dikediamannya, jumat (03/9). Pihaknya berharap di momentum HUT Kampung Batik Kauman ke 14 tahun ini agar Kampung Batik Kauman tetap eksis, berkarya dan terus memberikan nuansa dalam dunia perbatikan khususnya di Kota Pekalongan hingga ke kancah internasional. Pihaknya juga berharap pandemi covid-19 berakhir sehingga potensi pariwisata dapat kembali menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Karena menurutnya dengan ramainya wisata akan meningkatkan daya beli batik di kampung Batik Kauman. (Irva/BatikTV)