“QIF-19” Satgas Cepat Tanggap Korona Kelurahan Klego

Di tengah maraknya pandemi covid-19, semua pihak dari berbagai unsur bersama-sama melakukan upaya untuk menekan angka penyebaran virus korona, tidak terkecuali di tingkat kelurahan. Qif-19 merupakan satgas cepat tanggap covid-19 yang dibentuk kelurahan Klego. Arti Qif sendiri diambil dari bahasa arab yang berarti berhenti. Dengan diberi nama Qif, harapannya penyebaran virus korona bisa segera berhenti. Beberapa pihak bersinergi di dalam tim Qif-19 antara lain yakni ada LPM BKM, tim puskesmas setempat, karang taruna kelurahan, RT/RW dan para relawan.

Qif-19 merupakan pusat laporan dan informasi yang melakukan pendataan bagi warga yang baru datang dari luar kota atau luar negeri. Laporan dilakukan melalui kanal yang ada, tanpa kontak langsung yakni melalui web, whatsapp dan juga instagram. Selain itu, tim Qif-19 kelurahan klego juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan di tingkat RW dan rencananya akan dilanjutkan dengan penyemprotan di beberapa tempat ibadah khususnya musala-musala yang ada.

Muhamad Farid selaku lurah klego mengungkapkan bahwa Qif-19 ini terbentuk dari ide warga kelurahan klego sebagai bentuk kepedulian dan antisipasi penyebaran pandemi virus korona yang sedang melanda. Farid menjelaskan bahwa tim Qif-19 selalu standby karena setiap harinya ada piket on call yang siap jika sewaktu waktu ada laporan dari warga terkait informasi warga yang datang dari luar kota atau luar negeri. Farid menambahkan, sejauh ini peran semua pihak yang tergabung dalam tim satgas Qif-19 kelurahan klego melakukan koordinasi dengan sangat baik.

Qif-19 bisa diakses melalui web di www.qif19.com, nomer whatsapp di 0858 66 7777 19 dan juga instagram di @qif19.id.

(Reporter: Trias Widya)