17 Pahlawan Kemanusiaan Terima Penghargaan



Kota Pekalongan – Sebanyak 17 "Pahlwan Kemanusiaan" pendonor darah sukarela PMI Kota Pekalongan menerima penghargaan piagam Donor Darah Sukarela (DDS) 50 dan 75 Kali. Dari angka tersebut, sebanyak 11 pendonor mendapatkan piagam penghargaan 50 kali, sedangkan sebanyak enam pendonor mendapatkan piagam penghargaan 75 kali.

Salah satunya yakni Mosses Aidjili yang rutin melakukan donor darah sebanyak 78 kali. Ia menuturkan pertama kali mendonorkan darahnya saat masih duduk dibangku SMA atau sekitar tahun 1998. Menurutnya, dengan donor darah tubuh menjadi lebih sehat, disamping itu darah yang didonorkan dapat bermanfaat bagi orang lain.

“Sehat itu anugerah dan mahal. Apalagi di kondisi pandemi saat ini jadi harus disyukuri. Darah yang kita donorkan bisa dipakai oleh orang yang membutuhkan itu menjadi berkah bagi hidup,”tuturnya.

Mosses berpesan agar generasi muda tak takut untuk mendonasikan darah mereka. Dia meminta generasi muda meneruskan perjuangan para donor darah sebagai pahlawan kemanusiaan yang membantu sesama.

“Senang sekali, penghargaan itu menjadi motivasi meskipun kita ikhlas, tetapi ada kebanggan tersendiri atas jerih payah dan ketekunan kita. Mudah-mudahan dengan adanya penghargaan bisa menjadi contoh dan mendorong pada generasi muda untuk tertarik melakukan donor,”imbuh Mosses 

Sementara itu, Penanggung Jawab Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Kota Pekalongan, Rabu (5/5/2021), Aji Putra Prakoso mengucapkan terima kasih dan selamat kepada para pendonor yang telah ikut berkontribusi dalam membantu sesama dan menjadi pahlawan kemanusiaan.

“Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada seluruh pendonor darah yang telah dengan sukarela mendonorkan darahnya untuk sesama” ungkapnya.

Penyerahan penghargaan tahun 2020/2021 dilakukan di Kantor UDD tanpa adanya seremonial seperti tahun sebelumnya secara serentak se-Jawa Tengah. Terkait dengan antisipasi ketersediaan stok darah di Kota Pekalongan jelang lebaran, UDD PMI menggelar kegiatan donor darah yang dipusatkan di kantor UDD jalan Veteran nomor 27, Kraton mulai 4-12 Mei.

“Jelang lebaran ini, kebutuhan akan darah semakin meningkat. Sebelumnya sudah kami lakukan kegiatan serupa di bulan April dan antusias dari masyarakat cukup baik, sehari bisa mencapai 20 kantong darah. Kami juga berikan sedikit tambahan souvenir atau bingkisan Ramadhan,”katanya. (BatikTV)