20 Ribu Keluarga di Kota Pekalongan Belum Miliki Rumah

Berdasarkan dari data BPS yang ada, backlog rumah atau kesenjangan jumlah rumah yang ada dengan kebutuhan rumah yang dibutuhkan oleh masyarakat Kota Pekalongan cukup tinggi. Sampai dengan saat ini backlog rumah di Kota Pekalongan mencapai 20 ribu.

Artinya terdapat 20 ribu keluarga yang sampai saat ini belum memiliki tempat tinggal. Sejauh ini pemerintah juga telah berupaya untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal masyarakat Pekalongan seperti penyediaan Rusunawa yang tersebar di tiga lokasi.

Diakui Andrianto, selaku Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan  Pemukiman Kota Pekalongan menjelaskan, masyarakat Pekalongan saat ini sudah terbiasa bertempat tinggal di rumah susun. Hal ini bisa dilihat dari jumlah penghuni rusunawa yang ada cukup banyak. Bahkan di panjang baru, rusunawa yang baru di bangun ini sudah 90% terpenuhi.

Menurut Andri, untuk kedepanya para pengembang diharapkan bisa membuat rusunami atau rumah susun milik, sehingga 20 Ribu KK yang belum memiliki tempat tinggal ini bisa beralih ke rusunami tersebut.

Reporter: Anggiat Lazuardi