9 MAHASISWA IKUTI PILMAPRES UNIKAL TAHUN 2021

Mahasiswa diharapkan memiliki kecerdasan komprehensif yang dapat menyeimbangkan antara hard skills dan soft skills. Kemampuan ini dapat diperoleh mahasiswa melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler di kampus. Karenanya, dibentuklah suatu ajang kompetisi antar mahasiswa untuk dapat terus mengasah daya pikir dan kemampuan mereka yang diberi nama dengan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres). Mahasiswa yang mengikuti Pilmapres akan kemudian diseleksi berdasarkan prestasi unggul dan membanggakan pada intrakurikuler, kokulikuler dan ekstrakulikuler secara selaras dan seimbang.

Dalam rangka mendorong pencapaian prestasi akademik dan non akademik itulah Universitas Pekalongan  menyelenggarakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tahun 2021. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tahun 2021 terbagi menjadi dua jenjang, yaitu jenjang Sarjana (S-1) dan jenjang Diploma (D-3).

Ada 9 Peserta yang mengukuti seleksi tersebut, 6 dari jenjang S1 dan 3 dari jenjang D3 yang mewakili masing-masing program studi. Penyelenggaraan Pilmapres Universitas Pekalongan(UNIKAL) bertujuan untuk dapat mengidentifikasi sekaligus memberi penghargaan kepada mahasiswa yang telah berkomitmen dalam mengembangkan diri dan lingkungannya secara sinergis.

Salah satu juri Pilmapres Unikal, Loso menyampaikan Pilmapres di tingkat Universitas Pekalongan rutin digelar setiap tahunnya untuk maju ke tingkat nasional. Terdapat tiga hal yang menjadi penilaian antara lain prestasi, gagasan tertulis, dan kemampuan bahasa inggris serta wawasan kebangsaan. Namun untuk pelaksanaan Pilmapres kali ini ada yang berbeda, dimana tes kemampuan bahasa inggris dan wawasan kebangsaan dilakukan terlebih dahulu dan saat ini hanya tes presentasi gagasan tertulis yang di ikuti 9 mahasiswa dari jenjang S1 dan D3. Dirinya berharap mahasiswa yang ikut dapat berjuang lebih keras dan harapannya masuk tingkat nasional.

Suhesti salah satu peserta Pilmapres dari Fakultas Farmasi menyampaikan dirinya bersyukur Test of English as a Foreign Language (TOEFL) dan wawasan kebangsaan sudah dijalani dan akan berlanjut mempresentasikan gagasan tertulis dengan judul : Formula Imunitas Daya Tahan Tubuh yang Murah dan Praktis Digunakan di Masa Pandemi Covid-19 dengan Produk Permen Jamu. (Romi/BatikTV)