Agustus 2021, BPS Akan Gelar Lanjutan Sensus Penduduk 2020


Setelah sukses menggelar Sensus Penduduk 2020 (SP2020), di tahun ini Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pekalongan akan melaksanakan  pendataan sensus sampel dengan menggunakan kuesioner yang lebih rinci (long form) sebagai kelanjutan dari kegiatan SP2020 pada bulan Agustus-September 2021.

Hal ini dibenarkan oleh Kasi Statistik BPS Pekalongan, Nur Saidah saat dikonfirmasi di kantor BPS setempat, Senin (28/6/2021). Saidah menyampaikan, untuk mendukung kegiatan tersebut, BPS akan melibatkan 91 petugas tersebar di empat kecamatan se-Kota Pekalongan. Sehingga, pihaknya saat ini tengah melakukan verfikikasi berkas mitra petugas longform SP2020.

Pendataan longform merupakan survei dengan menggunakan kuesioner Long Form (LF) artinya pertanyaan yang akan ditanyakan kepada responden jauh lengkap. Tujuannya yakni mengumpulkan data-data terkait parameter demografi (kelahiran, migrasi, dan kematian), pendidikan, disabilitas, ketenagakerjaan, perumahan, dan informasi penting lainnya.
Setelah tahap administrasi peserta yang lolos akan mengikuti tahap selanjutnya yakni tes wawancara dan tes tertulis pada 5-7 Juli. Sedangkan untuk pelaksanaan pendataan akan mulai dilakukan pada 15 Agustus – 30 September.

Update jadwal rekrutmen calon petugas pendataan long form sensus penduduk 2021 juga dapat diakses melalui akun instagram official BPS Kota Pekalongan yaitu @bpspklkota. Informasi lebih lengkap juga bisa mengunjungi website BPS di laman pekalongankota.bps.go.id. (Kintana/BatikTv)