Angkat Potret Pekalongan Di Film Alang-Alang, Kru Dan Pemain Gelar Workshop

Usai diproduksi pada maret 2021 lalu, Kru dan Pemain Film alang-alang yang mengangkat potret Kota Pekalongan berkunjung ke Kota Pekalongan yang dikemas dalam alang-alang kembali ke Pekalongan dengan menyelenggarakan integrated workshop Penyutradaraan, Sinematograpi dan Artistik dalam film alang-alang, Rabu (17/11/2021).

Film alang alang sendiri berusaha menghiasi latar perfilman nasional yang mengangkat kehidupan pesisir Kota Pekalongan, yakni mengisahkan anak pemungut ikan di Tempat Pelelangan Ikan saat dilabuhkan oleh nelayan yang kemudian menjualnya. Di Kota Pekalongan mereka disebut Alang-alang. Nama itu kemudian menjadi judul film layar lebar karya sineas asal Pekalongan, Khusnul Khitam.

Disela-sela workshop berlangsung di GOR Jetayu Kota Pekalongan, Khusnul Khitam membeberkan dirinya tertarik mengangkat film tersebut di Kota Pekalongan karena merupakan tempat awal terbentuknya gagasan yang juga dengan latar belakang dirinya asli orang Pekalongan. Khusnul Khitam menyebut kebanyakan pemain yang dilibatkan adalah orang asli Pekalongan, namun juga menggandeng artis nasional, Putri Ayudya.

Sementara itu, salah seorang peserta workshop dari Pemalang, Amri menyampaikan rasa bahagianya bisa mendapatkan kesempatan belajar bersama dengan orang-orang yang memang ahli dalam bidangnya khususnya perfilman. (Sutanto/BatikTV)