Antusias Luar Biasa, 15 Ribu Warga Ikuti Jalan Sehat Ta'sis Mahad Islam ke-80



Kota Pekalongan - Sebanyak 15.000 warga mengikuti Jalan Sehat  dalam rangka Ta’sis (Ulang Tahun) Ma’had Islam ke-80 Tahun 2022, Minggu (6/11/2022). Jalan Sehat dilepas secara simbolis oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid didampingi Ketua TP-PKK Kota Pekalongan, Hj Inggit Soraya, Ketua Yayasan Ma'had Islam, Andy Arslan Djunaid, Ketua DPRD Kota Pekalongan, M Azmi Basyir, di Jalan KH Wahid Hasyim (Sisi Barat Alun-Alun Pekalongan).

Peserta jalan sehat adalah keluarga besar Perguruan Ma’had Islam yang terdiri dari siswa Ma’had Islam dan orang tua siswa, alumni Ma’had Islam, guru dan karyawan Ma’had Islam serta masyarakat umum. Belasan ribu peserta tampak antusias mengikuti jalan sehat berhadiah utama umroh tersebut. Setelah dilepas dari Jalan KH Wahid Hasyim, peserta melewati Jalan Dr Cipto Mangunkusumo, Jalan Dr Wahidin, Jalan Maninjau, berakhir di eks Pendopo Kabupaten Pekalongan di kawasan Alun-alun Pekalongan.

Walikota Aaf sapaan akrabnya menjelaskan bahwa, jalan sehat tersebut merupakan satu dari 14 rangkaian kegiatan Ta’sis Mahad Islam ke-80 Tahun 2022. Pihaknya mengajak masyarakat bersama-sama mengikuti jalan sehat selain untuk menjalin silaturahim, juga agar sehat jiwa, sehat raga dan pikiran, serta berkah karena dipenuhi dengan berbagai hadiah menarik.

"Kegiatan dalam rangka Ta'sis Mahad Islam Pekalongan ke-80 Tahun 2022 , salah satu rangkaiannya adalah jalan sehat,  yang paling ramai, tiket yang didistribusikan panitia ada sekitar 15 ribu ludes," ucap Aaf, sapaan akrabnya.

Menurutnya, dari mulai titik start sampai titik finish masyarakat berbondong-bondong ikut dan tertib untuk menunggu undian hadiah utama umroh. Jalan sehat menyediakan berbagai hadiah menarik lainnya seperti sepeda motor, laptop, sepeda, kulkas, mesin cuci, magicom dan hadiah lainnya. Lanjutnya, sebagai salah satu yayasan pendidikan tertua di Kota Pekalongan, Yayasan Sekolah Mahad Islam diharapkan terus melahirkan alumni-alumni terbaiknya yang akan berkontribusi, adaptif dan prospektif untuk bisa membangun bersama-sama Kota Pekalongan tercinta ini.

"Mudah-mudahan warga yang ikut dapat berkah, sehatnya, syukur-syukur dapat membawa pulang hadiahnya. Kami berharap, ke depannya Sekolah Mahad Islam Pekalongan yang sudah banyak mencetak para alumni sukses, ada yang jadi dokter, pengusaha, tokoh nasional, rektor, dan sebagainya, disamping mengikuti perkembangan sarana dan prasarana sekolahnya, sekolah ini bisa terus berkontribusi tidak hanya untuk Kota Pekalongan saja, melainkan juga Jawa Tengah, dan Indonesia," tegasnya.

Koordinator kegiatan Jalan Sehat Ta'sis Mahad Islam ke-80, Didik Maulana bersyukur, kegiatan jalan sehat berjalan dengan lancar dan tertib. Didi menyebutkan, antusias warga yang mengikuti jalan sehat ini luar biasa tinggi, terbukti sejak pukul 05.30 WIB, mereka sudah memadati lokasi jalan sehat dan 15 ribu tiket yang didistribusikan panitia secara gratis ludes. Adapun hadiah-hadiah yang disediakan sebagai doorprize jalan sehat ini merupakan sumbangsih dari para alumni Mahad Islam Pekalongan.

" Kami mengucapkan terimakasih sudah meramaikan Ta'sis Mahad Islam ke-80 ini. Semoga, Yayasam Ma'had Islam bisa lebih baik lagi terutama berkontribusi dan bermanfaat untuk warga Kota Pekalongan," paparnya.

Ditambahkan Ketua Panitia Ta'sis Mahad Islam ke-80, Kusuma Adi Achmad menerangkan bahwa, rangkaian kegiatan Ta'sis Mahad Islam ini ada dua konsep utama yakni sifatnya entertainment dan edukatif.

"Yang terkait edukatif, kami sejak Bulan Oktober menyelenggarakan kegiatan seminar pendidikan maupun lomba-lomba tingkat Kota seperti lomba Tahfidz untuk SD, lomba menggambar untuk TK, lomba finger painting untuk KB, dan untuk kegiatan lainnya beragam diawali dengan ziarah ke makam pendiri Mahad, bazar dan pengobatan gratis, sepak bola liga persahabatan, bazar pasar jajan, pentas seni dari semua talenta terbaik Mahad Islam," beber Kadia, sapaan akrabnya.

Disamping itu, ada expo atau gelar karya pendidikan, jalan sehat, seminar pendidikan, drama kolosal islam, launching buku 8 dekade Mahad Islam, wisuda tahfidz Al-Quran dari SD, SMP, dan SMA.

" Pada puncak acaranya tanggal 8 November 2022 mendatang, dari tingkat SD, SMP, SMA dibawah Yayasan Mahad Islam menampilkan drum band setelah pelaksanaan upacara bendera, dan di sore harinya, kami mengadakan peletakkan batu pertama pembangunan Gedung Mahad Islam Center SMA Mahad Islam di Jalan Dr Soetomo Pekalongan. Rangkaian kegiatan Ta'sis Mahad Islam ini mudah-mudahan bisa menebar manfaat bagi sesama, maupun warga sekitar dengan di usianya ke-80 tahun ini, Mahad Islam bisa berkontribusi di semua bidang, adaptif terhadap dinamika perubahan kebijakan maupun transformasi digital, dan prospektif melahirkan pemimpin-pemimpin dari alumni Mahad Islam yang Rahmatan lil Alamin," pungkasnya. 


(Irva / Batik TV)