BATIK MOTIF CORONA JADI ICON PAMERAN MUSEUM BATIK PEKALONGAN

Bertepatan dengan Hari Batik Nasional (HBN) tahun 2020, Jumat (2/10) Museum Batik Pekalongan mengganti koleksi disemua ruang pamernya dengan penataan koleksi yang belum pernah ditampilkan.

Karena ditengah pandemi covid-19, launching penggantian koleksi ruang pamer diselenggarakan secara sederhana, diawali sambutan singkat dan doa yang kemudian launching ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kota Pekalongan, Sutarno serta dilanjutkan dengan melihat koleksi museum batik.

Dari total koleksi museum batik saat ini 1280 an diantaranya ada sebanyak 100an koleksi baru museum Batik Kota Pekalongan. Sementara dari jumlah koleksi baru tersebut, Kepala UPTD Museum Batik, Bambang Saptono menyampaikanmelihat situasi saat ini, Batik motif Virus Corona menjadi Icon utama pameran.

Pihaknya menjelaskan motif itu melambangkan meskipun ditengah pandemi ini, aktifitas produksi batik dari para pengrajin batik Kota Pekalongan masih tetap berjalan. Sehingga pihaknya ingin agar batik Indonesia tetap jaya seperti yang tertulis pada Icon koleksi Museum Batik tersebut “Bangkitlah Batik Indonesia”.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinparbudpora Kota Pekalongan, Sutarno. Menurutnya meskipun situasi pandemi produksi batik harus tetaplah bangkit.

(Irva/Batik TV)