Bina Lansia, Dinkes Kota Pekalongan Adakan Seminar Penyakit Osteoporosis

Pembinaan kelompok lansia Kota Pekalongan dilaksanakan melalui seminar kesehatan yang diadakan oleh Dinas Kesehatan bidang Kesehatan Masyarakat bertempat di Aula Hotel Istana, Rabu 28 Agustus 2019.

Tema pada seminar kesehatan kali ini yakni mengenai penyakit osteoporosis. Osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun. Narasumber yang dihadirkan merupakanspesialis rehabilitasi medik RSUD Bendan Pekalongan dr.Talita Sp.Rmed. Materi yang disampaikan oleh dr.Talita yakni mengenai osteoporosis yang sering diderita kaum lansia. dr.Talita menyampaikan bahwa osteoporosis merupakan pengeroposan tulang karena bertambahnya usia. Masa tulang akan berkurang dengan sendirinya pada usia 25 tahun. Dr.Talita menambahkan bahwa asupan kalsium dan vitamin D harus cukup. Sumber kalsium bisa ditemukan pada susu, brokoli, pisang, jeruk, bayam, kacang-kacangan, ikan salmon dan semua sayuran hijau. Sedangkan sumber vitamin D bisa ditemukan pada sinar matahari pagi.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Tri Nurtiyasih S.K.M., M.Kes. menyampaikan bahwa setiap tahun rutin melakukan pembinaan kelompok lansia dan menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya mengenai penyakit yang sering diderita lansia.

Sekertaris Komda Lansia kota Pekalongan Joko Setiawan menyampaikan kegiatan seminar kesehatan yang digelar sangat bermanfaat dan membuat para lansia antusias untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang nantinya akan diadakan posyandu lansia di Kota Pekalongan.

Pemberian materi mengenai penyakit osteoporosis yang disampaikan dalam seminar kesehatan dalam pembinaan kelompok lansia kota Pekalongan diharapkan bisa memberikan edukasi bagaimana mencegah serta menangani penyakit osteoporosis sehingga tidak memperparah kondisi pasien yang terkena osteoporosis.

(Reporter: Trias Widya)