Cakupan Vaksinasi di Kota Pekalongan, Dosis I 21,4% dan Dosis II 11,21 %

Percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Pekalongan terus ditingkatkan. Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Kesehatan setempat berupaya mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto,mengungkapkan bahwa capaian vaksinasi Kota Pekalongan hingga kini baru terealisasi sebanyak 49.996 orang (21,4%)  untuk dosis pertama. Dosis kedua baru 26.196 orang (11.21%).

Jumlah ini masih jauh dari target kami sebesar 233.663 orang yang divaksin. Untuk target Dinkes setiap hari ingin sebanyak-banyaknya,karena keterbatasan vaksin yang ada, sehingga Dinkes hanya bisa memberikan berbagi antara dosis pertama dan dosis kedua, untuk mencapai target cakupan vaksin, Dinas Kesehatan telah melakukan berbagai upaya diantaranya membuka layanan vaksinasi di sejumlah fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yang setiap harinya menyasar paling tidak 50 orang, bekerjasama dengan TNI dan POLRI untuk akselerasi vaksinasi massal kepada masyarakat,  saat ini vaksinasi yang ada di Dinas Kesehatan memang terbatas yakni tersisa 308 vial.

Kalau targetnya 50 orang per fasyankes setiap harinya, tapi untuk peningkatan cakupan vaksinasi, kami menggunakan cara-cara serbuan vaksinasi massal. Terakhir stok vaksin yang di Dinkes 308 vial, kemudian kami masih punya vaksin dari OJK yang rencananya dilakukan pada Senin/Selasa mendatang untuk 1.330 dosis.  vaksinasi yang bekerjasama dengan Polres Pekalongan Kota masih ada sekitar 500 vial atau untuk 5.000 dosis yang digunakan untuk pemberian vaksinasi dosis kedua yang menyasar karyawan-karyawan pabrik pelaksanaan 2 minggu kemarin seperti di PT Sampoerna dan Dupan. (Romi/BatikTV)