Cegah Korona, Pelatihan Membatik Siswa Se-Kota Pekalongan Ditunda Sementara Waktu

Dinas Pendidikan Kota Pekalongan bekerja sama dengan Museum Batik menggelar pelatihan membatik bagi siswa sekolah dasar se-Kota Pekalongan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Soeroso pada 3 Februari 2020 lalu.

Pelatihan membatik siswa sekolah dasar se-kota Pekalongan ini digelar mulai tanggal 3 februari hingga 22 april dengan total 3000 siswa yang setiap harinya akan ada 100 siswa dari berbagai sekolah dasar negeri ataupun swasta di Kota Pekalongan yang mengikuti pelatihan.

Menurut Kepala Seksi Kurikulum dan Kelembagaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Amat Farokhim menyampaikan data yang tercatat sudah ada 9 sekolah dasar yang telah mengikuti pelatihan membatik ini, namun pelatihan membatik tersebut harus ditiadakan untuk sementara waktu mengingat pada tanggal 9 hingga 14 maret sekolah sedang mengadakan penilaian tengah semester atau PTS. Selain itu, adanya pandemik virus korona juga membuat pemerintah pekalongan mengambil sejumlah langkah guna menanggulangi penyebaran virus korona sehingga walikota Pekalongan mengeluarkan Surat edaran Walikota No. 443.1/001 tentang Peningkatan kewaspadaan Terhadap risiko Penularan infeksi Corona Virus Disease (Covid - 19 ) di Kota Pekalongan yang menghasilkan sejumlah keputusan diantaranya Pemerintah kota pekalongan meliburkan sekolah mulai dari jenjang PAUD, TK, SD dan SMP dalam waktu dua minggu ke depan sejak Senin, 16 Maret 2020 hingga Minggu 29 Maret 2020.

Sehingga pelatihan membatik yang telah terjadwal pada tanggal 16 hingga 29 maret ditunda untuk sementara waktu dan rencananya akan kembali dilaksanakan setelah hari raya idul fitri, sementara apabila pada bulan april keadaan sudah kondusif, maka pelatihan membatik yang terjadwal di tanggal 1 April hingga 22 April akan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
 
(Reporter: Trias Widya)