DPUPR PASANG SEJUMLAH POMPA DI TITIK WILAYAH RAWAN GENANGAN

Sebagai upaya mengantisipasi terjadinya banjir yang semakin meluas saat musim hujan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan melakukan pengadaan sejumlah pompa yang dipasang di beberapa titik wilayah yang rawan genangan. Pompa-pompa tersebut diprioritaskan di wilayah dengan genangan yang banyak, luas dan lama surutnya diantaranya di Wilayah Slamaran, Jalan Kusuma Bangsa, Pabean dan Tirto.

Kepala Bidang Sumber Daya Air pada DPUPR Kota Pekalongan, Khaerudin menyampaikan ada 2 buah pompa dengan kapasitas 150 liter per detik yang ditempatkan di titik-titik genangan yang memang belum ada pompanya untuk diarahkan di titik genangan. Khaeruddin menyebut untuk pengadaan pompa mobile dianggaran sebesar 200 juta rupiah.

Kemudian selain itu DPUPR juga melakukan pengadaan pompa skala lingkungan kecil dengan kapasitas 12 hingga 15 liter per detik sebanyak 30 buah pompa yang terdiri dari 10 pompa alcon yang menggunakan solar, dan 20 buah pompa celup dengan kapasitas sampai 50 liter per detik yang ditempatkan di gang-gang yang pengadaannya sudah dimulai sejak awal tahun, dan di pertengahan tahun diperbanyak dan sebagian sudah didistribusikan ke wilayah Krapyak,Tirto,Pabean yang rawan terjadi banjir.
 
Saat tim liputan Batik TV memantau proses pengerjaan fisik pompa di wilayah Slamaran, Rabu (25/11) progresnya masih 30%. Sementara proses pengadaan pompa-pompa tersebut ditargetkan akan selesai pada Bulan Desember mendatang. (Irva/BatikTV)