Dukung Sekolah Adiwiyata Melalui Gerakan Tanpa Bungkus Plastik


Sebagai salah satu sekolah berbudaya lingkungan atau sekolah Adiwiyata, SMP N 14 Kota Pekalongan terus mengupayakan mengurangi sampah plastik. Hal tersebut terlihat dalam bazar jajan yang diselenggarakan SMP N 14 Kota Pekalongan dalam rangka Diesnalisnya ke 40 tahun, pada Rabu (19/2).

Tampak bazar jajan yang diikuti oleh siswa siswi SMP N 14 Kota Pekalongan menjajakan jajanannya tanpa menggunakan bungkus plastik melainkan hanya menggunakan bungkus daun pisang yang ramah lingkungan. Bahkan siswa siswi yang ingin membeli pun sudah menyiapkan pring dan gelas masing masing.

Selaku ketua tim adiwiyata SMP N 14 Kota Pekalongan, Ratmojo menjelaskan hal semacam itu sudah diberlakukan sejak tahun ajaran 2019/2020 ini dan disambut antusias oleh siswa siswinya dengan baik, bahkan kata Ratmojo bukan hanya dalam acara bazar saja, namun juga dalam kegiatan sehari-hari disekolah siswa siswi SMP N 14 Kota Pekalongan sudah tidak menggunakan bungkus plastik.

SMP N 14 Kota Pekalongan sendiri untuk saat ini sedang menuju sekolah adiwiyata tingkat provinsi dan setelah itu Ratmojo menargetkan untuk menuju sekolah adiwiyata tingkat nasional.

(Reporter: Irva Febriani)