Erna, Sehari Habiskan Satu Kuwintal Nangka Muda Untuk Bahan Megono

Megono terbuat dari nangka muda yang masih mentah dan kulitnya telah dikupas, nangka muda itu kemudian dicincang atau diiris halus terlebih dahulu menjadi potongan kecil-kecil. Saat ini jika ingin membuat mengono sendiri, kita tidak perlu repot mencincang nangka muda karena ada banyak penjual bahan megono dipasar tradisonal di Kota Pekalongan.

Salah satunya Erna, sudah berjualan nagka muda sebagai bahan baku untuk membuat megono selama 10 tahun. Menjadi makanan khas Pekalongan, Erna mengaku dalam sehari bisa menghabiskan sekitar satu kuwintal atau 30 buah nangka muda setiap harinya.

Apabila susah mendapatkan bahan nangka muda maka dirinya mencari hingga Pemalang dan Bawang Batang, namun jika di daerah sekitar Kota Pekalongan persediaan nangka muda tetap tidak ada, dirinya bahkan  membelinya dari Sumatera,  karena untuk mencukupi banyaknya permintaan pelanggan.
Erna, menjual nangka muda yang sudah dicincang halus sampai rp 30.000 per kg jika susah didapat bahannya, tapi jika stok nangka muda  banyak, maka dijual dengan harga rp 17.000 per kilo hingga 18.000. (Romi/Batik TV)