FKUB Terus Masifkan Safari Rumdah

Kota Pekalongan - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) terus masifkan kegiatan Safari Rumah Ibadah (Rumdah), kali ini menyasar salah satu rumah ibadah yang ada di Kota Pekalongan, Vihara Karuna Dipa berlokasi di jalan Rajawali Timur No. 2, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Rabu (15/2/2023) malam. 

Selain berkunjung, kegiatan tersebut juga dimanfaatkan untuk menjalin silaturahmi sekaligus menebar semangat kerukunan melalui dialog interaktif yang digelar. Ketua FKUB Kota Pekalongan, Kyai Ahmad Marzuki mengatakan semangat kerukunan harus terus digalakkan terlebih di kota ini memiliki heterogenitas agama yang lengkap, "Kami ingin Safari Rumdah bisa mendorong kota Pekalongan yang ramah agama, kondusif, aman jadi kita bisa hidup dengan bahagia," ujarnya. 

Menurutnya, semua umat beragama memiliki hak yang sama dan sebagai makhluk sosial pasti akan saling membutuhkan dalam berkehidupan tanpa melihat perbedaan suku, agama, ras, etnis maupun lainnya. 

Bersama dengan umat Budha lainnya, salah satu Bhante Vihara Karuna Dipa, Jatiko Sumano Thera menyambut hangat kedatangan rombongan FKUB. Ia memberikan apresiasi kegiatan Safari Rumdah mengingat banyak manfaat yang bisa diambil dari kegiatan tersebut, "Kami merasa mempunyai hak dan sangat diperhatikan, kita bisa saling bersama untuk meningkatkan keyakinan kita masing-masing dengan saling menghormati dan menyayangi sehingga mendapatkan suatu kedamaian," tuturnya

Lebih lanjut, ia berharap kegiatan ini bisa dilanjutkan juga mengajak seluruh pihak terkait turut terlibat dan saling mendukung agar seluruh pemeluk agama di kota Pekalongan dapat menjalankan agamanya dengan aman, nyaman serta penuh kedamaian. (Kintana/Batik TV)