Hari Lahir Pancasila, Walikota Gelorakan Semangat Persatuan dan Kesatuan

Hari ini Tepat 1 juni, 76 tahun lalu didalam sebuah ruangan gedung yang kini dikenal sebagai gedung pancasila, Soekarno berpidato menawarkan gagasan mengenai dasar negara Indonesia, untuk pertama kali Soekarno menawarkan istilah pancasila sebagai dasar negara dihadapan sekitar 65 Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Upacara Peringatan Hari lahir Pancasila tahun 2021 hanya bisa dilakukan secara terbatas karena masih dalam masa pandemi covid-19 sehingga dilakukan secara virtual yang bisa di ikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia melalui zoom maupun siaran televisi.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam pidatonya yang disiarkan secara virtual mengatakan pendalaman nilai-nilai pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa, menurutnya diperlukan dengan cara baru yang luar biasa, memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industi 4.0.

Pemerintah Kota Pekalongan juga mengikuti upacara peringatan hari lahir pancasila secara virtual, selasa (1/6). Usai pelaksanaan upacara virtual, walikota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid mengajak masyarakat untuk mengamalkan nilai-nilai pancasila dan juga menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan. Menurutnya Kota Pekalongan sudah menjadi contoh pengimplementasian toleransi kehidupan umat beragama, meskipun banyak perbedaan namun Kota Pekalongan dapat bersatu. (Irva/BatikTV)