HIMA Akuntansi Unikal Gelar Seminar Bahas Nasib Akuntan di Revolusi Industri 4.0

Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Pekalongan menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema " Revolusi Industri 4.0 : Peluang atau Ancaman Bagi Akuntan " di Auditorium Gedung C Universitas Pekalongan, Sabtu, 24 Agustus 2019.

Kegiatan yang di ikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta ini, bertujuan agar para lulusan akuntan nantinya tetap dapat bersaing meskipun sudah memasuki revolusi industri 4.0.

Malina, ketua pelaksana Seminar Nasional 2019, dirinya menyampaikan harapannya dari kegiatan ini para lulusan akuntan dapat lebih mengetahui perkembangan akuntan khususnya di Indonesia.

Turut hadir dalam acara, Dekan Fakultas Ekonomi beserta jajaran akademisi Universitas Pekalongan,Catur Ragil Sutrisno selaku moderator, Triyanto selaku narasumber pertama dan ersa selaku narasumber kedua.

Triyanto, kepala bidang perizinan dan kepatuhan profesi akuntansi , selaku narasumber, menyampaikan bahwa dengan integritas tinggi profesi akuntan dapat tetap bertahan di tengah2 persaingan kerja, khususnya memasuki revolusi industri 4.0  dimana sebagian besar pekerjaan akan di gantikan oleh mesin.

Dirinya juga menyampaikan, bahwa lulusan akuntan harus bisa di upgrade ilmunya, sehingga mampu menjelaskan dan mengedukasi bagaimana penting nya seorang akuntan, yang tidak bisa di gantikan oleh mesin.

Di pihak lain, Ersa, Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unpad, selaku narasumber kedua, dalam paparannya menyampaikan, adanya revolusi industri 4.0 mengganti kan tugas tugas yang komplek menjadi lebih instan dan yang lagi booming sekarang yaitu hadirnya start up, baik dari perusahaan besar maupun kecil.

Dirinya juga melakukan penelitian berkaitan dengan start up, rata-rata 64% responden mengeluhkan tentang bagaimana caranya membuat laporan keuangan.

Ersa juga nyampaikan, profesi akuntan tidak akan hilang selama masih ada transaksi. Dan seorang akuntan harus beretika dan releable baru pinter.
Suasana seminar nasional ini ditutup dengan sangat meriah, terlihat dari antusias peserta dalam sesi tanya jawab dan mengikuti acara hingga akhir.

(Reporter: Kintana)