HKG PKK Berikan Layanan KB Gratis Serentak

Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Bangga Kencana Kesehatan, Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P2KB) Kota Pekalongan sinergi dengan tim penggerak PKKmemberikan layanan kb serentak secara gratis bagi masyarakat se Kota Pekalongan. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari yakni 22-23 November 2023, bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera khususnya bagi ibu dan anak.
 
Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya mengatakan bahwa pelayanan KB gratis serentak ini merupakan rangkaian peringatan HKG ke-51, menyasar 4 kecamatan antara lain di Puskesmas Jenggot, Puskesmas Dukuh, PMB Bhakti Ibu, Puskesmas Medono dan Klinik Aisyah.
 
Saat ditemui pada rabu (22/11) Usai monitoring di Puskesmas Jenggot dan PMB Bhakti Ibu Kota Pekalongan, Inggit menjelaskan pelayanan yang diberikan meliputi KB MKJP dan MKPP antara lain IUD, Implan, MOP, MOW, suntik, pil, kondom, dengan sasaran utamanya adalah masyarakat yang kurang mampu, agar bisa melakukan KB.
 
Dikatakan oleh Inggit, bahwa terkait target peserta, sebanyak-banyaknya warga yang ingin berKB akan difasilitasi secara gratis. Diketahui, bahwa di tahun 2023 ini ditargetkan sebanyak 1648 akseptor dapat melakukan KB.
 
Pihaknya berharap dengan layanna KB gratis yang diberikan ini, masyarakat yang belum ber-kb dapat termotivasi untuk ber-KB. Mengingat selain baik untuk kesehatan, juga dengan perencanaan yang matang maka kehidupan masa mendatang juga bisa lebih baik.
 
Sejumlah rangkaian kegiatan dalam peringatan HKG PKK sudah dilaksanakan, antara lain penghargaan kader lestari bagi kader terlama di PKK, bazar dari UP2K dan pelayanan KB serentak.(Kintana Aghna Batik TV)