IKM dan UKM Dibekali Pelatihan Ecoprint, Kembangkan Teknik Tekstil Ramah Lingkungan

Untuk meningkatkan lagi ketrampilan IKM UKM terkait dengan teknik pewarnaan ecoprint, serta mendukung progam pemerintah dalam rangka keberlanjutan ekonomi dengan memakai bahan-bahan yang ramah lingkungan, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan menggelar pelatihan ecoprint, yang dibuka oleh Ketua Dekranasda Kota Pekalongan, Inggit Soraya pada Rabu (19/6) bertempat di Aula BLK Kota Pekalongan.

Pelatihan yang diikuti oleh 100 peserta ini sebagai bentuk koordinasi, sinkronisasi dan pelaksanaan pemberdayaan industri dan peran serta masyarakat. Dimana dari pelatihan ini harapannya para IKM UKM bisa mengembangkan ecoprint ini, karena kedepan  ketrampilan semacam ini dibutuhkan terutama dengan teknik yang ramah lingkungan.

Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan Betty Dahfiani Dahlan menjelaskan pelatihan ecoprint sudah dilakukan pada tahun 2023, dan tahun ini kembali Dinperinaker Kota Pekalongan memulai kembali dengan memberikan pelatihan dasar. Betty menyebut pelatihan ini digelar selama 2 hari (Rabu-Kamis) 19 dan 20 Juni dengan materi serta praktek langsung.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Pekalongan, Inggit Soraya mengungkapkan pelatihan ini diberikan kepada pelaku IKM dan UMK yang belum pernah mengikuti sebelumnya. Selain itu juga untuk calon pengusaha yang ingin belajar terkait ecoprint ini. (Irva/BatikTV)