Jadi Komoditas Primadona, Gerakan Tanam Cabai Digalakkan

Kota Pekalongan - Usai membagikan ribuan bibit cabai di 27 kelurahan, Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan melakukan pendampingan dalam rangka gerakan serentak menanam cabai. 

Kepala Dinperpa melalui kepala bidang ketahanan pangan, Ani Kusumaningrum mengungkapkan bahwa penanaman bibit cabai beberapa diantaranya dilakukan di lahan kosong yang berada di kantor kelurahan, namun kelurahan yang  tidak memiliki lahan kosong, penanaman dilakukan pada lahan kelompok tani setempat, salah satunya di kelurahan Soko Duwet melalui Pemuda Kelompok Tani Jaya, Jumat (17/2/2023). 

"Alhamdulillah, kami mendampingi dan meninjau penanaman bibit cabai yang sudah kita salurkan, disini saya melihat antusias dari warga dan anggota kelompok tani luar biasa," tandasnya.

Disampaikan Ani, cabai merupakan komoditas yang tergolong mudah untuk dibudidayakan, sebab bisa dilakukan dengan beberapa sistem tanam mulai dari pot, polybag, lahan maupun hidroponik. Selain itu juga jika dikembangkan mampu memberikan keuntungan yang maksimal karena konsumsi cabai sangat banyak, terlebih saat ini masih berkembang pesat makanan kekinian dengan cita rasa pedas.

Sementara itu ketua Pemuda Kelompok Tani Jaya, Rusman mengaku senang dengan adanya bantuan bibit cabai. Dibentuk sejak akhir tahun 2022, dengan anggota 35 orang kelompoknya berhasil menanam dan memanen sejumlah sayur maupun buah seperti pakcoy, selada air, melon, terong, tomat, barteh dan kelengkeng. 

"Bibit cabai ini sangat membantu kami untuk menambah jenis budidaya tanaman, mudah-mudahan dari sini bisa kita kelola dan kembangkan dengan baik, berbuah lebat bisa dipanen dan bisa kita bibitkan lagi," pungkasnya. (Kintana/Batik TV)