KAI DAOP 4 SEMARANG LAKUKAN PERBAIKAN JALUR DI SEMBILAN TITIK PERLINTASAN SEBIDANG

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang melakukan pekerjaan perbaikan jalur rel di 9 (Sembilan) titik perlintasan sebidang di wilayah Kota Pekalongan dan sekitarnya. Tepatnya di Jalan Perlintasan (JPL) No. 97C Jl. Ahmad Yani, No. 98 Jl DR Wahidin, No. 99 Jl Kartini, No. 102 Jl KHM Mansyur, No. 106 Jl KH Ahmad Dahlan, No. 111 Jl Wiroto 4, No. 112A Jl. Kepodang, No. 115 Jl. Raya Waru, dan No. 122 Dusun Gandu. Perbaikan itu dilakukan untuk meningkatkan keselamatan perjalanan KA khususnya di jalur rel yang berpotongan dengan jalan raya. (27/9).
 
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Ixfan Hendri Wintoko mengatakan, perlintasan tersebut banyak dilalui kendaraan sehingga berdampak pada kontruksi rel. Jika tidak dilakukan perawatan dikhawatirkan bisa mengakibatkan pergeseran lebar jalur KA maupun kondisi tubuh ban menjadi tidak stabil, sehingga berpotensi membahayakan perjalanan KA.
 
Pekerjaan perbaikan perlintasan sebidang yang dilakukan meliputi pembongkaran aspal yang berada di kanan-kiri rel yang dilanjutkan perbaikan geometri jalur. “Perbaikan dilakukan untuk menyamakan geometri rel pada sisi kanan maupun kiri perlintasan. Setelah jalur dinyatakan stabil, kemudian akan dilakukan pengaspalan kembali, 
 
Pekerjaan perawatan itu sendiri dilakukan menyesuaikan kondisi window time perjalanan KAI di masing-masing wilayah. “Selama pekerjaan, KAI memastikan tidak akan ada penutupan jalan sehingga lalu lintas disekitar perawatan tetap berjalan. KAI memohon maaf atas gangguan pekerjaan jalur rel yang saat ini sedang dilakukan,
 
Ixfan menghimbau kepada masyarakat dan pengguna jalan yang melintas di lokasi tersebut untuk lebih berhati-hati. Karena selain jalan licin karena aspal yang sedang dibongkar, juga terdapat tumpukan material, serta adanya lalu lalang para pekerja proyek. (Romi/BatikTV).