Kasat Lantas Mengajar, AKP Koyim Kasatlantas Polres Pekalongan Kota Ingatkan Pentingnya Tertib Berlalulintas.

Kota Pekalongan - Berbagai upaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas terus dilakukan jajaran Satuan Lalu lintas Polres Pekalongan Kota . Salah satunya  lewat kegiatan "Kasat Lantas Mengajar" yang merupakan program Dirlantas Polda Jateng di bawah komando KOMBES POL Drs. Agus Suryonugroho, S.H., M.Hum yang diterapkan diseluruh wilayah polres di Jawa Tengah.

Salah satunya yang di laksanakan AKP Koyim Maturrohman,S.Ds., M.H. Kasat Lantas Polres Pekalongan Kota , yang menyasar pelajar dari Siswa Siswi SMA N 3 Kota Pekalongan , yang digelar di aula setempat, Sabtu (08 Juli 2023) Siang.

Dihadapan Para Siswa, Kasat Lantas AKP Koyim Maturrohman, S.Ds., M.H mengatakan, progam Kasat Lantas Mengajar, diberikan kepada pelajar supaya para pelajar bisa tertib berlalulintas.

Harapannya, Pelajar di Kota Pekalongan bisa bersama-sama menjadi pelopor dalam tertib berlalulintas di jalan raya.

“Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Apalagi kecelakaan kebanyakan pada usia produktif, seperti kalangan pelajar,” kata AKP Koyim.

Dikatakan Pria Lulusan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Tahun 2015 Wira badrika dharma satya (WDSB) itu, bahwa dari hasil evaluasi, faktor kecelakaan terjadi akibat perilaku pengendara itu sendiri, sehingga dengan edukasi yang diberikan, sebagai kepada generasi penerus perlu disampaikan tentang budaya tertib lalu lintas.

“Harapannya, pelajar ini bisa juga mengingatkan kepada saudaranya, bahkan orang tuanya untuk tertib lalu lintas karena tertib lalu lintas ini adalah budaya bangsa kita,” jelas Kasat Lantas Polres Pekalongan Kota AKP Koyim.

Tertib berlalulintas, tegas AKP Koyim dapat menyelamatkan anak bangsa. karena kebanyakan kasus kecelakaan lalu lintas diawali dari ketidak disiplinan.

Di akhir kegiatan Kasat Lantas mengajar, AKP Koyim mengajarkan bagaimana langkah awal penanganan kecelakaan lalu lintas yang direspon postif oleh para siswa terlihat dengan cukup antusias para siswa memperagakan apa yang telah di sampaikan Kasat Lantas beserta jajaranya.

Revan Arjuna Maulana misalnya pelajar SMA N 3 Pekalongan kelas 12 itu tampak antusias mengikuti materi yang di berikan dari Kasat Lantas, tak tanggung tanggung Revan pun rela berbaring di halaman untuk memperagakan cara yang tepat dalam penanganan kecelakaan lalu lintas.

“Saya cukup antusias mengikuti kegiatan Kasat Lantas mengajar, alhamdulillah saya bisa mendapatkan banyak ilmu, baik itu tentang safety riding , safety diving, tentang balnk spot, mekanisme penerbitan SIM dan yang paling berkesan menurutku itu tadi yang bagaimana cara penanganan korban kecelakaan lalu lintas. Saya juga berharap acara semacam ini bisa terus di lakukan karena ini sangat penting bagi kami sebagai penerus bangsa pelopor keselamatan”, ucap Revan.(Seiv/BatikTV)