LEBARAN ANAK YATIM, YAYASAN AN-NUR BEBEL SANTUNI ANAK YATIM

Sebagian masyarakat Indonesia menganggap bahwa tanggal 10 Muharram (Asyura) adalah Hari Raya anak yatim. Istilah Idul Yatama (Hari Raya anak yatim) sebenarnya hanyalah ungkapan kegembiraan bagi anak-anak yatim, sebab pada saat itu banyak orang yang memberikan perhatian dan santunan kepada mereka.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW sangat menyayangi anak-anak yatim. Dan Beliau lebih menyayangi lagi pada hari Asyura (tanggal 10 Muharram). Di mana pada tanggal tersebut, Beliau menjamu dan bersedekah bukan hanya kepada anak yatim, tapi juga keluarganya.

Mendasari hal itu yayasan An-Nur Bebel Wiradesa menggelar kegiatan santunan kepada 24 siswa anak yatim yang masuk dalam yayasan pendidikan An-Nur Bebel Wiradesa,  Sabtu (29/8) kemarin. Leni Yuliana, selaku kepala sekolah MI An-Nur Bebel, dan juga panitia pelaksana menjelaskan bahwa ada sekitar 24 anak yatim baik dari siswa PAUD , TK , MI dan TPQ yang tergabung dalam yayasan pendidikan An-Nur Bebel . Kegiatan itu menurut Leni , selain untuk memperingati hari 10 Muharam juga sebagai bahan edukasi tentang kepedulan terhadap sesama yang harus diterapkan sejak dini .

Turut hadir dalam acara tersebut, penasehat yayasan An-Nur Bebel, Mandala Mugiharto, memandang kegiatan ini sangatlah luar biasa untuk diperkelkan sejak dini kepada siswa-siswi peserta didik yayasan pendidikan An-Nur Bebel. Mandala mengaku, dirinya sempat menitikan air mata saat duduk bersama dengan para anak yatim piatu dengan suasana haru suka bahagia dihari lebaran anak yatim ini .

Seiv Robbani / Batik TV