LINDUNGI PEKERJA, BP JAMSOSTEK FOKUSKAN KEPESERTAAN BAGI NON ASN, PANITIA PILKADA DAN PEKERJA KONSTRUKSI

Program-program BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan tenaga kerja, baik kesehatan maupun kesejahteraannya terus ditingkatkan, tak terkecuali bagi Non ASN, Panitia Pilkada dan Pekerja Konstruksi yang terus difokuskan untuk mengajak mereka mendaftarkan pegawai jasa konstruksi  dan panitia pilkada mendatang agar tercover program BPJS Ketenagakerjaan.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kejadian jika sewaktu-waktu mereka mengalami kecelakaan saat bekerja, meninggal dunia akibat kelelahan seperti di pilkada sebelumnya. Dengan jaminan perlindungan tersebut, mereka bisa dengan tenang melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing sebagai pelayan publik tanpa harus khawatir jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan selama menjalankan tugasnya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Pekalongan, Budi Jatmiko menjelaskan  belum semua tenaga kerja non ASN/tenaga kegiatan/tenaga kontrak dan tenaga honorer di masing-masing OPD Pemkot Pekalongan terdaftar program BPJS Ketenagakerjaan. Menurutnya, Selain sektor pekerja Penerima upah (PU) Sektor pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) juga menjadi sasaran dari kepesertaan BPJS di tengah pandemi covid-19 saat ini.
 
Selain itu BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan telah meluncurkan program “Vokasi Asik BPJAMSOSTEK” guna meningkatkan keterampilan dan menjadi modal mereka untuk kembali bekerja.Program tersebut tidak dipungut biaya dalam pendaftarannya. bahkan peserta akan dapat uang saku selama pelatihan berlangsung.
 
(Irva Febriani/Batik TV)