Madrasah Ibtidaiyah Mulai Program Vaksinasi Anak

Program vaksinasi dengan sasaran anak usia 6 sampai 11 tahun terus dilakukan, pelaksanaan program tersebut tidak hanya diselenggarakan di sekolah negeri, vaksinasi anak juga dilaksanakan pada lembaga pendidikan formal di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekalongan yaitu madrasah. 

Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kemenag, Drs H M Nadhif mengatakan vaksinasi di lingkungan madrasah sudah mulai dilakukan sejak pemerintah kota pekalongan menerapkan program vaksinasi anak pada akhir tahun 2021. Sesuai dengan sasaran usianya, vaksin diberikan kepada anak-anak madrasah ibtidaiyah, hal tersebut disampaikan Drs Nadhif saat ditemui di Kantor Kemenag Pekalongan. 

Drs Nadhif menyampaikan vaksinasi tahap satu sudah dilakukan pada beberapa madrasah ibtidaiyah, dimulai dari Madrasah Ibtidaiyah Kuripan Kidul, Madrasah Ibtidaiyah Duet, Madrasah Ibtidaiyah Bumirejo, Madrasah Ibtidaiyah Pringlangu dan Madrasah Ibtidaiyah Podosugih.

“Pelaksanaan vaksin anak usia 6 sampai 11 tahun sudah kita mulai di madrasah ibtidaiyah sejak Walikota Pekalongan launching program vaksinasi anak, kita mulai dari madrasah ibtidaiyah kuripan kidul siswanya mencapai 300 dan sudah tervaksin tahap satu,” terang Kasi Pendmad.

Lebih lanjut, Drs Nadhif menerangkan pelaksanaan vaksin pada madrasah ditangani oleh tiga unsur yakni dinas kesehatan, kepolisian dan kodim. Kemudian ketiga unsur tersebut berkoordinasi dengan pelayanan kesehatan (Yankes) terdekat dan madrasah yang akan diberikan vaksinasi.

Usai pelaksanaan vaksin dilakukan di beberapa madrasah, Drs Nadhif memastikan kegiatan tersebut berjalan lancar dan tidak temukan keluhan pasca vaksin, “Alhamdulillah selama ini baik-baik saja, tidak ada keluhan, kita sempat mengkhawatirkan anak-anak kita yang usia 6 sampai 11 tahun itu takut dan tidak mau, tetapi ternyata di luar ekspektasi kita, anak-anak menyambutnya dengan riang gembira, saya memantau pelaksanaan vaksin anak-anak kemarin Alhamdulillah terbilang sukses dan lancar,” pungkasnya. (Batik TV)