MUDAHKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH, GURU SD BELAJAR GOOGLE CLASS ROOM

Adanya pandemi Covid-19 ini membawa perubahan luar biasa di dunia pendidikan dengan tidak diperbolehkannya proses belajar mengajar secara tatap muka. Semua pembelajaran dilakukan secara online atau lebih dikenal dengan daring. Melihat kondisi tersebut Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan bersama Dewan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) memfasilitasi guru SD se-Kota Pekalongan untuk Pelatihan Google Classroom di Ruang Broadband Learning Center (BLC) Dinkominfo setempat, Kamis (27/8/2020).

Kepala Seksi Persandian, Audit, dan Keamanan Informasi, Meidy Prasetyo Utomo mengungkapkan, Dinkominfo bekerja sama dengan Dewan TIK menyelenggarakan pelatihan google classroom, di mana meteri yang dipilih yakni tentang pembelajaran jarak jauh untuk guru SD. Google Classroom sendiri tidak terkunci pada satu mata pelajaran saja namun untuk berbagai mata pelajaran. Di dalamnya ada manajemen materi dan soal yang bisa dikerjakan oleh murid, dan pengorganisasian tugas dan soal sehingga memudahkan guru dalam penilaian.

Sementara itu Ratnawati, selaku anggota dewan TIK menyampaikan, bahwa selama ini pembelajaran jarak jauh (PJJ) dilakukan melalui grup WhatsApp. Menurutnya, pembelajaran menggunakan grup WhatsApp dinilai kurang efektif untuk kegiatan belajar mengajar. Baik dari segi pemberian materi maupun pengumpulan tugas siswa. Maka dari itu dengan adanya pendampingan pembelajaran Google Clasroom ini, dirinya berharap hasil dari kegiatan ini dapat diterapkan di sekolah-sekolah.

Kintana Aghna / Batik TV