OMZET PERCETAKAAN MENURUN DRASTIS SAAT PANDEMI

Pandemi covid-19 banyak merugikan sejumlah sektor perekonomian,  termasuk salah satunya ialah jasa percetakan. Tahun ajaran baru seperti saat ini harusnya menjadi keuntungan bagi para pedagang pernak pernik sekolah, namun sejak adanya pandemi covid-19 daya minat masyaratkat akan kebutuhan sekolah dan jasa percetakan sangat rendah, hal ini disebabkan karena adanya aturan dari pemerintah mengenai work from home dan adanya sistem pembelajaran online diseluruh jenjang pendidikan.

Salah satu jasa fotokopi yang berlokasi di Jalan Supriadi Tirto Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan ini mengalami hal serupa. Tegar, selaku pemilik toko mengatakan saat awal masa pandemi kemarin pendapatannya menurun hingga 80%. Sebelum pandemi, dalam sehari ia bisa meraup keuntungan hingga 5 juta rupiah, namun semenjak adanya pandemi keuntungan menurun drastis.

Sejak diberlakukannya kebijakan dari pemerintah mengenai new normal dan dimulainya tahun ajaran baru ini dirasa sedikit mengalami perbedaan, oleh karena itu Tegar berharap agar pandemi segera berakhir dan kegiatan sekolah dapat dilaksanakan secara normal sehingga ekonomi para pengusaha lancar kembali.

(Galang Ratusanide/Batiik TV)