Optimalkan Distribusi Ikan Laut Segar, Kementerian KKP Hibahkan ALTIS 2 ke Pemkot

Pekan Inovasi dan Kreativitas (PIK) Kota Pekalongan 2019 resmi dibuka Kamis malam (5/09/2019). PIK tahun ini mengambil tema “Inovasi dan IPTEK dalam Industri  4.0 untuk Mengembangkan Karakter Kota Pekalongan” dan akan diselenggarakan selama 5-8 September 2019 di GOR Jetayu Kota Pekalongan.

Sesuai tema, panitia menekankan pada inovasi IPTEK salah satunya di bidang peningkatan kesejahteraan ekonomi kerakyatan lokal. Hal tersebut terealisasi dengan hadirnya ALTIS 2 yang merupakan sinoptik dari Alat Transportasi Ikan Segar Roda 2. ALTIS 2 diserahkan secara simbolis dari Perwakilan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), Prof Syarif Wijaya, kepada Walikota Pekalongan pada acara pembukaan Pekan Inovasi dan Kreativitas (PIK) Kota Pekalongan 2019.

Adapun cara kerja ALTIS 2 yaitu pedagang ikan laut dapat langsung menjajakan dagangnya secara keliling dengan motor yang dilengkapi Frezzer yang bisa memuat 60 Kg ikan segar. Menurut Prof Syarif Wijaya, frezzer ALTIS 2 dalam ujicobanya mampu bertahan selama 6 jam dengan daya baterai berasal dari Aki yang terus di charge tersambung dengan mesin motor selama mesin motor tersebut dihidupkan.

Oleh karenanya, ALTIS 2 dinilai sangat ekonomis karena dapat menekan biaya distribusi dan memperluas jangkauan pasar.

Wakil Walikota juga berharap,kedepannya, inovasi yang berkaitan dengan peningkatan ekonomi kerakyatan akan semakin banyak dan terlahir dari pemikiran warga pekalongan sendiri.

(Reporter: Trias, Alan)