PELANTIKAN WALI KOTA - WAKIL WALI KOTA PEKALONGAN DIGELAR VIRTUAL

Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Pekalongan terpilih akan digelar pada Jumat, 26 Februari 2021 mendatang. Pelaksanaan pelantikan akan digelar secara virtual dan terbatas sesuai dengan protokol kesehatan, melalui live streaming dan UHF Batik TV, siaran langsung RKB, sosial media Pemkot Pekalongan dan sosial media Aaf Arslan sebagai walikota terpilih. 


Hal ini disampaikan oleh Plh Walikota Pekalongan, Sri Ruminingsih SE MSi saat ditemui di Setda Kota Pekalongan, Rabu (24/02/2021). Ia menjelaskan, pelantikan virtual ini, sesuai dengan instruksi dari Mendagri RI. Selain itu, tamu undangan resmi yang berada di ruang pelantikan dibatasi hanya 25 orang.


 "Pelantikan dilakukan secara virtual dengan pembatasan jumlah tamu undangan. Kemudian pelantikan tersebut disiarkan secara live streaming sehingga bisa diikuti oleh seluruh masyarakat Kota Pekalongan. Hal ini dilakukan mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19. Sehingga diharapkan tidak ada kerumunan guna mencegah penyebaran Covid-19. Kita tentu berharap, Covid-19 dapat segera berakhir dengan program vaksinasi yang sudah mulai diimplementasikan," terang Ning sapaan akrabnya.


Terkait dengan lokasi pelaksanaan pelantikan, ia menuturkan bahwa pelantikan  diselenggarakan di ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, kemudian akan dilanjutkan dengan pidato pertama walikota terpilih atau walikota definitif hasil pemilihan di ruang Paripurna DPRD setempat. 

Selain itu, akses jalan di lingkungan Setda Kota Pekalongan dan Mataram akan dilakukan pembatasan atau penutupan jalan untuk menghindari agar tidak terjadi kerumunan massa. Termasuk kegiatan di Pemkot akan dibatasi terlebih dahulu.

"Para pegawai di lingkungan Pemkot akan diarahkan untuk melalui pintu belakang yakni kantor Bappeda setempat. Sedangkan untuk para tamu undangan melalui pintu depan Setda," ungkapnya.

Ia menegaskan, masyarakat tidak harus hadir berbondong-bondong untuk melihat prosesi pelantikan, tetapi bisa menyaksikan melalui live streaming, sehingga harapannya tidak menimbulkan kerumunan baru.


"Harapan kami mudah-mudahan bisa berjalan lancar dan baik sesuai dengan arahan pusat maupun provinsi. Kemudian, dengan dilantiknya walikota terpilih ini agar segera bisa memimpin dan melakukan tugas-tugas yang memang segera dibutuhkan oleh masyarakat dan Kota Pekalongan melalui kebijakan-kebijakannya. Terlebih dalam suasana pandemi dan banjir saat ini," kata Ning.


(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)