PEMBELAJARAN DARING JADI TANTANGAN UNTUK GURU DAN PESERTA DIDIK

Adanya pandemi Covid-19 ini membuat komunikasi melalui daring (dalam jaringan) lebih dianjurkan termasuk dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini menuntut guru dan tenaga kependidikan untuk bisa memanfaatkan era digital dalam memberikan bahan ajar yang menarik dan kreatif agar dapat dipahami oleh siswa.

Saat ditemui di Kecamatan Pekalongan Timur, Wakil Wali Kota Pekalongan H.A. Afzan Arslan Djunaid mengungkapkan bahwa adanya pandemi Covid-19 menuntut guru untuk bekerja lebih giat lagi dalam menyiapkan bahan-bahan ajar atau metode pembelajaran yang akan digunakan meskipun dengan jarak jauh. Kreativitas mengajar guru saat ini menjadi tantangan tersendiri dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dan mewujudkan peserta didik yang aktif dan berpikir kritis. Menurutnya belajar melalui daring ini harus dibuat menarik dan menyenangkan agar peserta didik tak mudah bosan.

Tantangan pembelajaran daring ini tak hanya bagi guru tetapi juga bagi peserta didik. Tantangan bagi murid yakni bagaimana fasilitas internet atau kuota tetap digunakan untuk pembelajaran bukan untuk bermain (games).

Irva Febriani / Batik TV