Pemenang Pesta Siaga Bakal Maju Binwil

Kota Pekalongan - Pesta Siaga Tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Pekalongan dihelat hari ini di SMK Medika Pekalongan, Minggu (26/2/2023). Sebanyak 12 regu pemenang di tingkat ranting ikut dalam pesta siaga, yang mana juara 1, 2, dan 3 regu putra dan putri akan maju ke binwil Pekalongan.

Bunda Pramuka, Inggit Soraya hadir menutup kegiatan pesta siaga sore ini. Inggit mengaku senang dan bangga melihat antusiasme adik-adik pramuka mengikuti pesta siaga ini. "Mereka tampak senang dan ceria berkegiatan hari ini meskipun cuaca gerimis sejak pembukaan tadi pagi. Ternyata cuaca seperti ini tak mengurangi semangat nanda-nanda," tutur Inggit. 

Disampaikan Inggit, nanti regu terpilih mengikuti binwil di SMAN 1 Bojong pada bulan Maret. "Mudah-mudahan sukses selalu, bisa mengukir prestasi untuk Kota Pekalongan, harapannya bisa maju sampai ke tingkat provinsi bahkan tingkat nasional," kata Inggit. 

Inggit berpesan kepada adik-adik pramuka, sebagai pramuka tak boleh pantang menyerah, terus semangat dalam keadaan apapun, menjadi pribadi yang mandiri, gotong royong, setia kawan, dan hal baik lainnya yang diajarkan di kepramukaan. "Ini suatu pengalaman berharga yang mana kegiatan ini bagian dari pendidikan karakter sejak dini, ke depannya di SMP atau SMA juga ditanamkan pendidikan karakter. Anak dilatih menjadi kuat, mandiri, dan mempunyai kreativitas yang tinggi. Semoga pesta siaga ini memberikan semangat untuk menggelorakan kepramukaan," beber Inggit. 


Sementara itu, Sekretaris I Kwarcab Kota Pekalongan, M Amhar Azet menjelaskan, pesta siaga tingkat kota ini pesertanya yakni pemenang 1, 2, dan 3 di tingkat ranting atau kecamatan. "Hari ini bagi juara 1, 2, dan 3 akan maju ke tingkat binwil di SMAN Bojong pada 11 Maret mendatang. Mohon doanya masyarakat Kota Pekalongan semoga adik-adik kita berhasil," jelas Amhar.

Menurut Amhar, potensi pemuda Kota Pekalongan luar biasa. Potensi pemuda di bawah kepemimpinan walikota dan wakil walikota sangat baik, tahun lalu pramuka Kota Pekalongan maju sampai tingkat provinsi. 

Adapun pemenang dalam pesta siaga ini untuk putra, Tergiat 1 Putera MIS Kuripan Kidul, Tergiat 2 SDN Poncol 1, Tergiat 3 SDN Poncol 2. Kemudian untuk putri, Tergiat 1 Puteri SDN Panjang Wetan 3, Tergiat 2 Puteri SDN Tirto 3, dan atas Tergiat 3 Puteri SDN Panjang Wetan 1. (Irva/Batik TV)