Pemkot Bertekad Perkuat Penerapan Smart City di Kota Pekalongan

Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) memanfaatkan sebaik-baiknya Forum Smart City yang dihelat Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) di Shangri-La Hotel Surabaya pada 12-14 Juni 2023.

Kota Pekalongan masuk dalam 191 dari 534 kota/kabupaten yang menjadi pilot project smart city. Kepala Dinkominfo Kota Pekalongan, Arif Karyadi mulai mencatat hal-hal terbarukan yang dapat diimplementasikan di Kota Pekalongan. Hal-hal yang dibahas seperti arsitektur SPBE, kesiapan satu data, serta penguatan infrastruktur dalam rangka mempercepat realisasi smart city. 

Hal ini senada dengan yang disampaikan Praktisi Smart City dari ITS, Endroyono usai menjadi narasumber pada sesi kedua, Rabu (14/6/2023). "Guna mencerdaskan kota dan kabupaten dalam mengimplementasikan smart city hari ini dibahas arsitektur SPBE, kesiapan satu data, dan penguatan infrastruktur dalam rangka mempercepat realisasi smart city di Indonesia," tutur Endroyono. 

Tentunya dalam menjalankan pesan pembangunan menuju Indonesia cerdas harus dibarengi dengan transformasi digital dan sistem pemerintahan berbasis elektronik. "Hari ini kami punya pilot untuk meningkatkan kualitas transformasi digital di 191 kota dan kabupaten di antara 534 kota dan kabupaten di Indonesia. Dengan adanya kota ini, kita dorong semangat mereka menuju Indonesia Smart City 2045," kata Endroyono.

Menurutnya, dengan menjadi kota cerdas secara proses bisnis, regulasi, penerapan teknologi, kota atau kabupaten tersebut akan menjadi daerah yang mampu melayani masyarakat dengan baik. Bahkan menjadi idaman masyarakat karena semua serba mudah, efektif, dan efisien. (Tommy Seno / Batik TV)