Pengendara Motor Tak Pakai Helm Dominasi Pelanggaran Operasi Patuh Candi 2019

Operasi Patuh Candi 2019 yang digelar Polres Pekalongan Kota sudah memasuki hari ke-12, Senin (9/9). Hingga dua hari jelang berakhirnya Operasi Patuh ini, Satlantas Polres Pekalongan Kota telah menindak kurang lebih 1.500 pelanggar.


Kaur Bin Ops (KBO) sat lantas, Iptu Eko Yuli, dari pelanggaran sebanyak itu masih didominasi oleh pengendara sepeda motor yang tidak menggunakaan helm serta tidak lengkapnya surat-surat berkendara.

Adanya pelanggaran ini, menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat yang belum memiliki kesadaran dalam tertib berlalu lintas. Namun memang, sejauh ini belum ada kejadian mencolok selama operasi berlangsung.

Menurut iptu eko yuli penggunaag Helm yang sangat di tekankan, karena itu menyangkut keselamatan. Dirinya juga terus menghimbau Harus kenakan helm meskipun hanya bepergian dalam jarak dekat. Karena tidak pernah tahu, kapan dimana dan saat seperti apa peristiwa buruk seperti kecelakaan menimpa di sekitar kita.

Dia menambahkan, pihaknya akan terus melaksanakan berbagai upaya penegakan hukum terhadap para pelanggar lalu lintas. Itu dilakukan dalam rangka meningkatkan kepatuhan pengendara terhadap aturan tertib berlalu lintas, mencegah terjadinya kecelakaan, meminimalisir fatalitas korban kecelakaan, baik itu luka berat maupun korban jiwa, serta mewujudkan kamseltibcarlantas.

(Reporter: Seiv Robbani)