PERMUDAH PEMBELAJARAN DI TENGAH PANDEMI, APLIKASI VIDEO CONFERENCE DIRESMIKAN

Dunia pendidikan turut terdampak akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut membuat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan kebijakan terkait pembelajaran yang dilakukan dari rumah secara daring. Namun metode pembelajaran secara daring rupanya memunculkan permasalahan baru yakni terkait kepemilikan smartphone dan masalah kuota internet. Oleh karena itu, pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menginisiasi program "Pembelajaran Jarak Jauh" melalui media TV dan Radio. Guna mendukung hal tersebut, Dinkominfo telah memberikan pelatihan pembuatan konten pembelajaran dalam bentuk video audio bagi guru TK/RA, SD/MI,  SMP/MTs Kota Pekalongan dan latihan siaran langsung TV dan radio pada beberapa waktu lalu.

Selasa, 1 September 2020 bertempat di lobby LPPL Batik TV, Wali Kota Pekalongan, H.M. Saelany Machfudz didampingi Wakil Wali Kota Pekalongan, H.A. Afzan Arslan Djunaid, Sekretaris daerah Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Erli Nufiati, dan kepala Dinkominfo, Yos Rosyidi melakukan launching3 program inovasi yang digagas oleh Dinkominfo Kota Pekalongan. Ketiga program itu yakni Video dan Audio Pembelajaran Jarak Jauh melalui lembaga penyiaran publik lokal, Akses Internet Peserta Didik, dan Aplikasi Pertemuan Daring yang bisa diakses secara gratis.

Wali Kota Pekalongan, H.M. Saelany Machfudz, menyampaikan apresiasinya kepada OPD terkait yakni Dinkominfo Kota Pekalongan yang telah melakukan terobosan baru dalam rangka mengatasi permasalah PJJ. Saelany berharap melalui program-program tersebut diharapkan bisa menjadi solusi terbaik bagi walimurid, guru dan peserta didik yang mengalami kendala dalam melakukan pembelajaran daring.

Untuk program pembelajaran jarak jauh melalui Batik TV dan RKB disiarkan secara live, peserta didik bisa memanfaatkan PJJ Batik TV pada tanggal 1 hingga 18 September mulai pukul 08.00-11.00 WIB, sementara PJJ RKB pada tanggal 2 September hingga 21 November mulai pukul 08.00-09.00 WIB.

Sementara itu, koordinator kegiatan PJJ yang dilaksanakan di Batik TV, Siti Nurul Izzahmenjelaskan bahwa,setiap guru diberikan waktu untuk menyampaikan materi selama 25 menit.

Trias Widya / Batik TV